Senin, 21 Mei 2012

ARTI BAHAGIA


ARTI  BAHAGIA

Menurut kamus umum bahasa Indonesia,karangan W.J.S Poerwodarminto, bahagia adalah Keadaan atau perasaan senang tentram (lepas dari segalanya yang menyusahkan); kesenangan dan kententraman hidup (lahir batin), beruntung. Sejahtera beerarti aman sentosa dan makmur; selamat (terlepas dari segala macam gangguan, kesukaran dan sebagainya)

Ø  Ahli sya’ir yang amat mashyur dalam perkembangann agama islam benrnama Zaid bin Tsabit, berkata                                                                                                                                          - jika petang dan pagi seorang manusia telah memperoleh aman sentosa dari gangguan manusia, itulah dia orang yang bahagia.                                                                          - orang yang berpegang teguh dnegan agama, kebahagiaannya ialah pada meninggalkan barang yang terlarang, mengerjakan apa yang diperintah, dan menjahui yang jahat; mendekati yang baik. Bahagianya ialah pada mengerjakan agama


Ø  Tujuan perkawinan yang hakiki seperti yang disebutkan pada ayat Ar-Rum:21
- SAKINAH, dimana anggota keluarga hidup dalam keadaan tenang dan tentram , sela sekata, seayun selangkah, ada sama dimakan, kalau tidak ada sama dicari.
- MAWADDDAH, kehidupan anggota keluarga dalam suasana kasih mengasihi, butuh membutuhkan, hormat menghormati satu sama lainnya.
- RAHMA, pergaulan anggota keluarga dengan sesamanya saling menyayangi, cinta mencintai, sehingga kehidupannya diliputi rasa kasih sayang.


Ø  Bahwa syarat untuk membangun rumah tangga bahagia itu ada lima yaitu:
-          Menghayati ilmu-ilmu agama dan mengamalkannya
-          Mempunyai akhlak dan kesopanan
-          Harmoni dalam keluarga
-          Hemat dan hidup sederhana
-          Menyadari cacatnya sendiri

1 komentar: